Saturday 9 August 2014

Inilah bangunan Arsitektur karya Presiden Soekarno


Bilik-Kata – Selain sebagai Politisi, Presiden Soekarno juga dikenal sebagai seorang Arsitektur. Banyak sekali karya arsitektural yang telah dihasilkan dari tangannya. Bahkan, setelah lulus dari Technische Hoogenschool te Bandung atau yang kini dikenal dengan nama ITB (Institute Teknologi Bandung), ia bersama dua temannya, Ir. Anwari dan Ir. Roosena mendirikan biro konsultasi Aristek. Nah, apa saja karya arsitektur yang lahir dari ide-idenya?

Sumbangsih Arsitektural pertama Ir. Soekarno menurut beberapa sumber adalah Masjid Jami’ di tengah kota Bengkulu. Bengkulu merupakan kota memorial bagi Ir. Soekarno karena pernah dijadikan tempat pengasingan. Masjid lain yang juga muncul dari ide Soekarno adalah Masjid Istiqlal. Masjid Istiqlal merupakan cita-cita agung Soekarno agar Indonesia memiliki Masjid terbesar di kawasan Asia tenggara.

Selain Masjid, bangunan lain yang muncul dari ide besar Soekarno adalah Monas (Museum Nasional), selain itu juga Gedung Coneto dan Sarinah Plasa. Bahkan Wisma Nusantara, yang kini menjadi markas DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) juga merupakan ide Arsitektural Soekarno.

Dua bangunan lain yang juga sangat populer adalah Musem Pembebasan Irian Barat yang menjadi simbol kebebasan Irian barat dari Belanda dan menjadikan daerah sebelah Timur Indonesia itu sebagai bagian dari NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Yang tak kalah hebat juga adalah Patung Dirgantara. Itulah karya arsitektural yang pernah dicetuskan oleh Presiden Soekarno. (sen)

No comments:

Post a Comment