Saturday 9 August 2014

Buya : Mereka juga warga negara Indonesia yang sah

Bilik-Kata – Senior citizen yang juga mantan ketua Umum PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif memberikan harapan besarnya untuk Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Dalam tulisannya di kolom Resonansi Republika, tokoh sepuh berdarah minang ini mengingatkan bahwa rakyat jelata, sekalipun hidup dalam kemiskinan, adalah bagian yang syah dari Republik ini.

“Mereka adalah warga negara Indonesia yang sah, sama sahnya dengan warga negara yang telah amat diuntungkan oleh pertumbuhan ekonomi nasional yang belum berpihak kepada rakyat kecil,” tulisnya.

Selain itu, Buya juga mengkritisi pertumbuhan ekonomi yang tidak diimbangi dengan pemerataan. Menurutnya, ekonomi yang tumbuh masih belum bisa dinikmati kaum menengah kebawah. Seharusnya, sebagai bangsa yang merdeka, pertumbuhan ekonomi juga sejalan dengan pemerataan kesejahteraan. Ia berharap duet Jokowi-JK mampu memaksimalkan peran strategisnya sebagai nahkoda negara.

“Sesungguhnya jika parameter pendapatan rata-rata dipatok dua dolar per kepala per hari, maka jumlah rakyat jelata itu bisa di atas 120 juta yang tersebar di seluruh Nusantara. Semakin ke timur, lautan kemiskinan itu semakin tajam dirasakan. Artinya sekitar separo rakyat Indonesia masih miskin,” jelasnya. (cen)

No comments:

Post a Comment