Thursday 21 August 2014

Siapa pengarang detective Conan?




Bilik-Kata – Sejak di filmkan, komik detective Conan menjadi sangat terkenal. Bahkan, di beberapa negara, kartun yang diciptakan oleh komikus jepang ini memiliki penggemar setia. Salah satunya di negara kita Indonesia. Namun tak banyak yang tahu siapa pengarang dari komik ini. Untuk itu, Bilik Kata mengaja kamu untuk berkenalan dengan pengarang tokoh Conan Edogawa ini. simak, yuk.

Dicetective Conan dikarang oleh Aoyama Gosho, pria asli Jepang kelahiran Hokuei pada 21 juni 1963. Sebelum membuat detective Conan yang akhirnya menjadi master piece, Aoyama sudah banyak mengarang komik-komik lainnya yang diterbitkan oleh majalah jepang atau diikutkan dalam sebuah kontes tertentu. Berikut adalah karya Aoyama yang lain.

Komik pertama yang dibuat Aoyama berjudul Cotto Matte, dikarang pada tahun 1987. Selanjutnya, ia mengarang Yaiba pada tahun 1988-1993. Pada tahun yang sama, ia juga mengarang Yonban Sando. Komik lainnya yang cukup terkenal adalah Magic Kaito yang dikarang selama tahun 1988-2007. Tahun 2004, barulah ia mengarang detective Conan hingga saat ini.

Keahlian menggambar Aoyama sudah terlihat sejak masih duduk di kelas 1 SD, kala itu ia pernah menggambar perang Yukiai dan memenangkan kontes menggambar. Hasil karyanya itu kemudian di pajang di Tottori daimaru departement store. Aoyama merupakan alumnus jurusan seni Nihon University Tokyo. Ketika duduk di tingkat pertama, Aoyama pernah mengikuti kontes membuat komik dan itulah yang menjad jankar karirnya hingga saat ini.

Dalam perjalanan karirnya, Aoyama Gosho telah banyak mendapatkan penghargaan. Misalkan, ia berhasil mendapatkan Shogakukan manga award dari Shonen untuk seri manga Yaiba. Penghargaan yang sama juga didapat untuk manga detective Conan. Karena prestasinya itulah, pemerintah kota tempat kelahirannya, memberikan sebuah apresiasi dengan menamai jembatan yang melintasi sungai Yura dengan nama Jembatan Conan. Disekitarnya, juga dibangun patung-patung Conan Edogawa.

Nah, itu dia sekilas tentang Aoyama Gosho. Pengarang komik legendaris detective Conan. (Ima)

No comments:

Post a Comment