Thursday 7 August 2014

Presiden termiskin di dunia, siapa dia?

Bilik-Kata – Jika biasanya seorang pemimpin negara hidup mewah dengan fasilitas yang serba mahal, tapi tidak dengan Pemimpin negara yang satu ini. ia mendapatkan julukan sebagai Presiden termiskin di dunia dikarenakan hanya mengambil 10% dari gajinya. Siapakah sosok yang fenomenal ini? berikut penjelasnnya.

Ialah Jose Mujia, Presiden Uruguay untuk periode 2010-2015. Ia tinggal di rumah pertanian yang kecil dan sempit, hanya ada beberapa anjing dan tentara yang menjaga rumahnya. Sebenarnya Jose Mujia punya kesempatan tinggal di rumah kepresidenan yang mewah dan megah, namun hal tersebut ia tolak dan memilih tinggal di rumah kecil ini.

Setiap bulan, Jose Mujia mendapatkan gaji pokok yang lumayan besar, yaitu sekitar 12.000 Dollar Amerika atau sekitar 120 juta Rupiah. Hanya saja, ia tak mengambil semua gajinya. Ia hanya mengambil 10% saja, 90% sisanya ia sumbangkan ke lembaga amal untuk membantu rakyat miskin serta kegiatan sosial lainnya.

Itu berarti, setiap bulan Mujia menerima gaji sekitar 775 Dollar Amerika atau sekitar 8 juta per bulan. Gaji itu hampir sama dengan gaji buruh rendahan di sana. Bahkan, setelah dirilis kekayaan Jose Mujia ketika mencalonkan diri sebagai Presiden adalah 1.800 Dollar Amerika. Kekayaan itu dihitung dari Mobil Volkswagen beetle yang dimilikinya. (tok)

No comments:

Post a Comment