Friday 8 August 2014

Di luar negeri, Soekarno di panggil Achmed, kok bisa?

Bilik-Kata – Mungkin orang Indonesia sendiri tidak banyak yang tahu jika Presiden pertama kita, Ir. Soekarno, memiliki nama khusus di luar negeri. Bahkan profil Soekarno di wikipedia berbahasa Spanyol dan Denmark, nama itu semakin dikukuhkan. Ya, di luar negeri Soekarno memiliki nama tambahan yaitu Achmed. Bagaimana nama itu bisa disematkan sebagai nama depan Soekarno? Begini ceritanya.

Ada beberapa versi, salah satunya adalah ketika Presiden Soekarno berkunjung ke Amerika Serikat. Kala itu, pers setempat menanyakan kenapa nama Soekarno berganti? Memang, tradisi orang jawa kala itu, jika anaknya ketika kecil sakit-sakitan, akan diganti dengan nama yang sekiranya lebih membawa keberuntungan. Lalu, Presiden Soekarno berseloroh jika namanya adalah Achmed Soekarno.

Presiden Soekarno menjelaskan jika nama Achmed beliau dapatkan ketika dirinya naik Haji. Seperti biasa, kalau orang diseluruh dunia naik Haji, apalagi dia tokoh besar dan belajar dengan salah seorang syekh, maka akan mendapatkan nama khusus. Untuk itu, nama Achmed kemudian disematkan sebagai nama depan Soekarno.

Versi lain juga menyebutkan, nama Achmed ditambahkan oleh para diplomat yang diutus ke negara-negara Arab untuk pengakuan kemerdekaan negara Republik Indonesia. Hingga saat ini, terutama di negara-negara Amerika dan Eropa, dan mungkin saja sebagian negara Arab, masih banyak yang menggunakan nama Achmed untuk mengenang Soekarno. Padahal di Indonesia sendiri, tidak banyak yang mengetahuinya. (was)

No comments:

Post a Comment