Tuesday 5 August 2014

Unik! Lomba marathon di atas es



Bilik-Kata – Ada lomba lari marathon super unik di Rusia. Para peserta harus berlari di atas danau yang membeku sejauh 42 kilometer. Lomba lari marathon ini pun menjadi sorotan dunia olah raga, karena selain unik, acara ini cukup menantang. Cuacanya yang dingin bisa menyebabkan otot keram, dan jika lapisan es pecah, ia bisa tenggelam dalam danau dan tubuhnya membeku.

Lomba ini bernama the Baikal Ice Marathon. Para peserta harus berlari diatas batu es dengan cuaca super dingin. Meskipun penuh resiko, acara ini diikuti oleh banyak atlet dari 50 negara di dunia dan dilaksanakan di atas danau baikal di siberia, kawasan kutub utara.

Acara lari marathon ini merupakan salah satu event untuk memeriahkan Winteriada Baikal Nordic Games Festival. Selain Marathon di atas es, ada juga lomba lain seperti memancing di air es, golf, ski, dan ekspedisi safari.

Semuanya di gelar di atas danau baikal. Danau ini sangat luas, jika musim dingin, ketebalan esnya bisa mencapai 1,5 meter. Danau ini diperkirakan sudah ada sejak 20 hingga 25 juta tahun yang lalu. Danau yang menjadi sumber air 90% masyarakat Rusia ini memiliki kedalaman sekitar 1700 meter. Wow! [San]

No comments:

Post a Comment