Tuesday 5 August 2014

Awas! Kencing berdiri beresiko batu ginjal



Bilik-Kata – Kencing berdiri adalah hal yang biasa dilakukan oleh para pria, apalagi di toilet-toilet umum, rata-rata fasilitas yang disediakan memungkinkan untuk kencing berdiri. Tapi menurut sebuah riset, kencing berdiri lumayan berbahaya untuk kesehatan tubuh, terutama area sekitar kemaluan dan saluran yang menghubungkannya.

Kencing berdiri bisa menyebabkan kristalisasi air kencing yang jika tidak terdorong keluar bisa bandel seperti batu karang. Hal itu dikarenakan ketika kencing berdiri, tidak semua air kencing keluar, ada yang tersisa di saluran kencing dan itu bisa mengkristal. Jika dibiarkan, itu bisa menyebabkan batu ginjal atau kencing batu.

Untuk itu, jika terpaksa melakukan kencing berdiri dan dirasa tidak semua air kencing keluar, maka usahakan banyak minum air putih. Indkasi air kencing masih tersisa di saluran pembuangan adalah ketika duduk atau membungkuk, seperti ada sesuatu yang menetes dari alat pembungan laki-laki, itu berarti masih ada sisa air kencing yang belum terdorong keluar.

Untuk itu, disarankan untuk meminum sekitar dua atau tiga gelas air putih agar intensitas buang air kecil berjalan baik. Setelah itu, jika terasa ingin buang air kecil lagi, lakukan dengan duduk, jangan berdiri. Agar semua air seni bisa keluar sekaligus bisa mendorong sisa-sisa air kencing yang belum keluar itu. untuk itu, biasakanlah untuk kencing sambil duduk. (Kes)

No comments:

Post a Comment