Sunday 10 August 2014

Jepit jemuran yang bisa jadi lampu perkotaan


Bilik-Kata – Kini jepit jemuran tidak hanya bisa digunakan untuk menjepit baju agar tidak diterbangkan angin, tapi bisa juga sebagai lampu-lampu indah yang mempercantik sebuah kota. Bagaimana bisa? Ini buktinya.

Seorang Desainer kebangsaan Swedia, Idan Noyberg dan Gal Bulka telah menciptakan sebuah jepitan yang bisa menyerap energi matahari, jika malam tiba, jepitan itu akan memancarkan sinar warna-warni yang cantiknya bisa mengalahkan lampu perkotaan, tidak perlu menggunakan aliran listrik, cukup dijepitkan pada pasak dan tali jemuran.

Jepitan ini dilengkapi dengan panel solar mungil, siang harinya, saat matahari bersinar, jepitan ini dengan otomatis mengaktifkan sensor dan menyerap energi. Menjelang senja, sensor tersebut akan secara otomatis memasok power pada baterai kecil dan sejurus kemudian jepitan itu akan menyala.

Dengan penemuan ini, pemerintah kota tidak perlu sibuk membuat anggaran untuk lampu perkotaan dan bisa hemat listrik. Jepit yang sangat multi fungsi, selain bisa menjaga jemuran agar cepat kering, malamnya bisa digunakan untuk lampu kota. [tek]

No comments:

Post a Comment