Saturday 16 August 2014

Mengenal lebih dekat sosok Amartya Sen


Bilik-Kata – Amartya Sen adalah salah satu ekonom terkemuka di dunia yang fikiran-fikirannya menjadi rujukan banyak pemimpin di dunia. Salah satunya Presiden kita Susilo Bambang Yudhoyono. Gagasan-gagasannya seputar kesejahteraan ekonomi membuatnya menjadi salah satu orang yang disegani. Untuk itu, mari kita mengenal lebih dekat sosok yang satu ini.

Amartya Sen adalah seorang penerima nobel dalam bidang ekonomi. Ia banyak menggagas banyak teori, diantaranya tentang kelaparan, mekanisme dasar dari kemiskinan dan liberalisasi politik. Ia juga dianugrahi Lifetime achievment awards oleh Kamar dagang India pada tahun 2003. Selain itu, banyak sekali penghargaan lain yang ia terima.

Ia memiliki nama lengkap Amartya Kumar Sen. Pria berdarah India yang lahir 80 tahun silam di Santiniketan, Bengal barat ini, sekarang menjadi salah satu dari 18 Profesor elite di Harvard University. Sen memulai karir pendidikannya di Sekolah Ekonomi Delhi dan meraih Ph.D dari Kolese Trinity Cambridge. Ia juga pernah mengajar di beberapa Universitas seperti Universitas Calcutta, Universitas Jadavpur, Oxford University hingga Harvard University.

Nama Amartya Sen, adalah pemberian salah seorang penyair terkemuka India bernama Rabindranath Tagore. Amartya berarti kekal. Rabindranath tagore adalah salah seorang penerima nobel dalam bidang sastra yang juga pendiri kota Universitas di Santiniketan.

Karya-karya ekonom India itu kini mendunia dan menjadi rujukan para pemimpin negara-negara ketiga, seperti Indonesia. Teorinya tentang kemiskinan, kelaparan hingga liberalisme politik dirasa mampu membantu proses pembangunan sebuah negara. Nah, itu dia sosok Amartya Sen yang sangat terkenal itu. (Tok)

No comments:

Post a Comment