Tuesday 5 August 2014

Dua fakta tentang Habibie yang tak banyak orang tahu



Bilik-Kata – Prof. Dr. B.J Habibie adalah Presiden ketiga Indonesia, semua orang pasti tahu. Dia juga adalah Presiden bergelar Profesor pertama di Indonesia, semua orang juga tahu. Habibie juga adalah Presiden pertama dari luar jawa, semua juga sudah tahu. Tapi ada dua prestasi international B.J Habibie yang tak banyak orang tahu. Apa itu?

B.J Habibie ternyata adalah Doktor pertama jurusan Teknologi pesawat terbang yang lulus dengan predikat Summa-Cumlaude (dengan pujian). Nilai disertasinya nyaris sempurna, di seluruh dunia, dialah ahli pesawat terbang pertama yang lulus doktor dengan predikat tersebut. Ia lulus dari Rheinisch Westfalische Technice Hohscule, Anchen Jerman.

Prestasi International Habibie yang tak banyak orang tahu juga adalah jabatan strategisnya sebagai Vice President Pabrik Pesawat terbang Jerman (MBB) Messerschmitt Bolkow Blohm. Ia adalah satu-satunya pejabat strukturan non-jerman pertama yang duduk sebagai wakil presiden perusahan pesawat terbang terkemuka di dunia tersebut.

Habibie juga lah yang menemukan teori retakan pesawat terbang yang kemudian menjadi inspirasi dalam pengembangan pesawat Boeing 747 dan 777 serta pesawat super jumbo Airbus A380. Boeing dan Airbus merupakan dua jenis pesawat terbang yang terkemuka di dunia. Hampir semua negara, termasuk Amerika dan Rusia menggunakan jenis pesawat ini.

Meskipun Indonesia tidak bisa mengusahi industri pesawat terbang dunia, tapi Habibie bangga karena industri pesawat terbang dunia kini menggunakan rumus temuannya. Ia bangga sebagai anak bangsa bisa memberikan sumbangsih kepada dunia. (Tok)

No comments:

Post a Comment