Sunday 10 August 2014

Ternyata, Bumi kita pernah kiamat


Bilik-Kata – Jutaan tahun yang lalu planet Bumi pernah mengalami kiamat. Analisis tersebut disampaikan oleh para ilmuan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) Amerika serikat. Menurut mereka, Bumi pernah mengalami kepunahan massal sekitar 540 juta tahun yang lalu, kala itu, Bumi kehilangan hampir semua mahluk hidup di darat maupun di laut.

Para ilmuan menamakan periode kiamat tersebut dengan istilah ‘periode permian’. Lebih dari 96 persen kehidupan laut dan 70 persen spesies darat mati karena peristiwa tersebut. 85 persen mahluk hidup mati pada era dinosaurus, itu merupakan titik infleksi atau perubahan mendasar dalam kehidupan Bumi yang menyebabkan bentuk Bumi yang sekarang ini.

Hasil analisis para ilmuan tersebut di bukukan dalam Jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kepunahan tersebut, salah satunya seperti letusan gunung berapi di siberia yang membuat gas menyebar dan membunuh para spesies.

Ia juga menjelaskan, potensi lain yang bisa menyebabkan kepunahan di era kini adalah efek rumah kaca yang bisa menaikkan temperatur laut hingga 10 derajat celcius. Selain itu meningkatnya karbon dioksida juga bisa membuat laut lebih asam dan menyebabkan matinya spesies laut. [Gre]

No comments:

Post a Comment