Sunday 17 August 2014

Stres ternyata memiliki manfaat, apa saja?


Bilik-Kata – Banyak orang menghindari stress, meskipun pada akhirnya semua orang pasti merasa stress. Namun ternyata, tidak semua stress itu buruk bagi kesehatan. Selama ini, stress memang dikaitkan dengan kesehatan mental dan fisik. Banyak orang menjadi gila karena stress, atau menjadi kurus karena stress. Padahal, stress juga bisa membuat seseorang menjadi semakin sigap dan kuat. Bagaimana bisa?

Kompas Health menjelaskan, Ketika kita merasa stres, tubuh akan mengirimkan sinyal mengenai bagaimana tekanan yang kita alami berpengaruh secara fisik dan mental. Seperti halnya manusia purba yang berhadapan dengan singa, stres juga akan memicu respon "lawan atau tinggalkan" yang akan berpengaruh pada sistem saraf dan hormon. Manusia purba yang stres terbukti punya daya tahan hidup lebih tinggi.

Ketika respon "lawan atau tinggalkan" itu muncul, kita akan mengalami detak jantung meningkat, tangan menjadi berkeringat, mata lebih lebar, dan kita menjadi lebih sigap. Dengan perubahan tersebut, kita pun seolah merasa bisa berlari lebih cepat atau menghindar dari sesuatu. Stres memang membuat kita lebih gesit, lebih kuat, dan berpikir cepat.

Salah satu manfaat stres yang mungkin kita rasakan adalah peningkatan daya ingat. Hormon yang dikeluarkan saat stres memang membuat kita lebih fokus dan mudah mengingat. Stres juga menyehatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kita lebih kuat melawan infeksi. (Psi)

No comments:

Post a Comment