Thursday 7 August 2014

Dari 9 istri, siapakah Istri pertama Soekarno?

Bilik-Kata – Selain terkenal sebagai orator yang ulung, Ir. Soekarno juga disebut-sebut memiliki kemampuan yang tinggi dalam hal memadu asmara. Terbukti, dari semua Presiden Indonesia, hanya Soekarno yang pernah memiliki Istri lebih dari satu. Tak tanggung-tanggung, dalam situs wikipedia, Soekarno tercatat memiliki sembilan orang Istri. Waw! Nah, siapakah Istri pertama Bapak Soekarno?

Istri pertama Presiden Soekarno adalah Siti Oetari. Mereka menikah pada tahun 1921. Kala itu, usia Soekarno baru menginjak 20 tahun. Siti Oetari adalah anak dari tokoh besar bernama Hadji Oemar Said Tjokroaminoto atau yang lebih akrab disapa H.O.S Cokroaminoto. Mereka menikah si Surabaya.

Namun sayang bahtera rumah tangga mereka hanya bertahan tiga tahun. Pada tahun 1923, Presiden Soekarno harus hijrah ke Bandung dan melanjutkan Pendidikan disana, di Technische Hoogenschool te Bandung atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama ITB (Institute Teknologi Bandung).

Perceraian itu berlangsung damai, bukan karena percecokan dan lain sebagainya. Apalagi, Ir. Soekarno juga adalah murid kesayangan H.O.S Tjokroaminoto dan kala itu beliau tengah belajar di pondok/asrama milik H.O.S Tjokroaminoto. Nah, itu dia istri pertama Ir. Soekarno. (was)

No comments:

Post a Comment