Tuesday 5 August 2014

Hebat! Para ilmuwan telah menemukan cara menghapus ingatan



Bilik-Kata – Banyak orang merasa tertekan dengan ingatan masa lalu yang terus menghantuinya, ada juga yang tersiksa dan sedih. Tapi jangan khawatir, sejumlah ilmuwan telah menemukan cara bagaimana cara menghapus ingatan tersebut, dan diharapkan cara ini bisa menghilangkan trauma masa lalu yang berkepanjangan. Bagaimana caranya?

Penelitian itu dilakukan di Universitas Uppsala, Salah satu Universitas yang terletak di Kota Uppsala, Swedia. Dalam eksperimennya, mengambil sampel dari orang-orang yang merasa gelisah dengan masa lalu dan ingin melupakannya. Lalu, orang tersebut disuruh berdiri sambil melihat gambar netral. Dan sejurus kemudian disengat dengan terapi kejut listrik.

Setelah itu, orang tersebut di perlihatkan lagi gambat netral itu, kali ini tanpa disengat listirik. Secara tidak langsung ada perasan takut tersengat listrik dengan melihat gambar tersebut. Hal ini bisa membuat seseorang melupakan hal-hal negatif dalam hidupnya. Lalu bagaimana jika yang terlupakan justru hal-hal yang mustinya dia ingat semisal hari bahagia dengan istri dan sebagainya?

Thomas Agren menjelaskan, rata-rata, gambar netral itu membantu seseorang untuk melupakan hal-hal buruk. Untuk itulah, penelitian ini akan segera disempurnakan. Wah, ngeri juga kalau harus disengat listrik ya. Apa anda mau mencobanya? (Tek)

No comments:

Post a Comment