Saturday 9 August 2014

China dan India punya sebutan khusus untuk Indonesia, apa itu?

Bilik-Kata –Indonesia memang memiliki banyak julukan, mulai dari negara maritim, agraris, tropis dan lain-lain. Tapi ternyata, sebelum kemerdekaan, China dan India memiliki sebutan khusus untuk negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia ini. Apa sebuatan khusus tersebut?

Sebagai negara dengan sumber daya alam yang melimpah dan keindahan alam yang memukau, Indonesia sering dikunjungi oleh kapal-kapal asing dari berbagai negara. Rata-rata mereka ingin mencari rempah-rempah atau hasil alam, hingga berdagang. Dua negara yang rajin ekspansi dan keluar masuk ke Indonesia adalah China dan India.

Dahulu, China menyebut Indonesia ini dengan istilah Nan-hai (pulau disebelah selatan). Hal itu dikarenakan letak Indonesia yang berada di selatan China. Sementara India, dahulu sering menyebut Indonesia sebagai Dwipantara. Dwi itu menunjukkan jumlah, sementara pantara itu adalah daratan atau pulau-pulau.

Tidak disangka, ternyata pada zaman dahulu Indonesia begitu terkenalnya, hingga banyak sekali sebutan-sebutan bagi negara yang kaya akan hasil tambangnya ini. nah, mungkin saja negara lain punya sebutan khusus untuk Indonesia, tapi tidak ada yang mengetahuinya. (was)

No comments:

Post a Comment