Wednesday 6 August 2014

Awas! Gigitan Lalat ini bisa membuat nyawa melayang

Bilik-Kata –Jangan meremehkan binatang kecil seperti Lalat dan Nyamuk. Karena meskipun ukurannya kecil, tapi bisa sangat berbahaya jika terkena gigitannya. Seperti halnya Lalat ini, sekali digigit, meskipun tidak begitu terasa awalnya, bisa menyebabkan kepala pusing, leher bengkak, mengantuk hingga nyawa melayang.

Ialah Lalat tse tse, Lalat langka yang berkembang pesat di Afrika. Untuk bisa hidup, lalat ini biasanya menghisap darah binatang vertebrata. Lalat ini memiliki protozoa yang bisa berefek sangat negatif pada mahluk hidup yang dihinggapinya. Di Afrika sendiri, banyak kasus kematian tiba-tiba dan itu diduga karena gigitan Lalat ini.

Jika tergigit Lalat ini, beberapa orang akan merasa pusing, jika daya tahan tubuh tengah drop atau kadar protozoa yang masuk ke dalam darah berlebih, maka bisa menyebabkan leher belakang bengkak. Beberapa kasus yang terjadi, rata-rata korban gigitan Lalat ini akan merasakan kantuk yang teramat dan akhirnya tertidur. Sebagian bisa bangun kembali, namun tak sedikit pula yang berakhir dengan kematian.

Lalat ini memiliki protozoa berbahaya bernama Trypanosoma. Jika protozoa ini ditularkan pada manusia, bisa membuat dia tertidur pulas, demam tinggi, sakit kepala, bengkak di leher hingga yang paling akut adalah kematian. Untuk itu, jika tiba-tiba merasakan gejala deman, pusing dan leher bengkak secara tiba-tiba, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Namun jangan terlalu khawatir. Lalat ini tergolong binatang langka karena populasinya tersebar di Afrika. Belum diketahui apakah di Indonesia, atau negara-negara lain juga terdapat populasinya. Hanya saja, kita perlu waspada sewaktu-waktu jika melihat lalat yang bentuk dan warnanya aneh. Siapa tahu itu Lalat tse tse. (was)

No comments:

Post a Comment