Tuesday 5 August 2014

Teknologi baru, bisa membaca seribu kata dalam satu menit



Bilik-Kata – Bisakah anda membaca novel setebal 400 halaman dalam waktu 90 menit? Mungkin mustahil, tapi bukan tidak mungkin hal itu bisa terjadi. Pasalnya, salah satu smartphone kini tengah merancang sebuah teknologi yang bisa membantu manusia membaca seribu kata dalam waktu satu menit.

Teknologi itu dikembangkan oleh Spritz, sebuah perusahaan yang berpusat di Boston, Amerika Serikat. Mereka akan merancang sebuah aplikasi yang membuat seseorang menjadi manusia super. Dengan aplikasi tersebut, pengguna akan terbantu dan bisa membaca seribu kata dalam satu menit.

Menurut CEO Spritz, Frank Waldman, konsep dari aplikasi ini sangat sederhana. Yaitu dengan memposisikan setiap kata di dalam layar agar mata dapat mengenali kata tanpa harus bergerak. Setiap kata akan membuat titik sehingga mata dapat dengan mudah mengenalinya.

Pengguna akan diperlihatkan kata-kata cepat pada layar. Hal ini menjadi lebih praktis karena pembaca tidak perlu sibuk membuka halaman demi halaman. Di mungkinkan, dengan teknologi ini, seseorang bisa membaca seribu kata per menit. Cukup untuk menyelesaikan satu Novel Harry Poter dalam waktu 1 jam 15 menit.

Aplikasi itu akan dihadirkan dalam salah satu merk smartphone pada musim semi tahun ini. tapi Waldman tidak menjelaskan apa merk smarphone tersebut, tapi ia optimis, aplikasi tersebut akan di manfaatkan sekitar 1 milliar pengguna smartphone di dunia. Anda penasaran? Tunggu saja. [Tek]

No comments:

Post a Comment