Friday 15 August 2014

Ini alasan kenapa orang takut dengan kecoa


Bilik-Kata – Jika di nalar secara serius, fenomena orang takut dengan kecoa sampai mengalami phobia, memang tidak wajar. Padahal, kecoa bukan salah satu hewan buas yang bisa merenggut nyawa seseorang. Kecoa, hanya diasosiasikan sebagai hewan yang jorok dan kehadirannya, menunjukkan kalau lingkungan sekitar kurang bersih. Dalam buku berjudul Gelegar Otak karya Tauhid Nur Azhar, dibahas beberapa point kenapa seseorang bisa sangat takut dengan kecoa. Apa saja itu?

Pertama, ketakutan terhadap kecoa adalah phobia massa yang diturunkan. Bisa jadi, keluarga atau teman-teman bergaul anda, juga memiliki rasa takut berlebih terhadap kecoa. Ketika mereka melihat kecoa, ketakutan mereka kemudian menular ke anda dan itu menyebabkan anda juga takut dengan kecoa. Meskipun, secara sadar anda bisa dengan mudah mengusir atau membunuh kecoa tersebut.

Kedua, ada gen takut kecoa yang ada dalam tubuh anda. Hipotesis kedua ini memang terkesan lucu, tapi siapa tahu, anda mewarisi gen takut kecoa dari Ayah atau Ibu anda. Sehingga, anda juga takut dengan kecoa. Tanpa sadar, ketika melihat kecoa, anda berteriak histeris dan lari terbirit-birit.

Keduanya, bisa saling berkaitan. Apalagi, memori yang tersusun dan tersimpan dalam otak, melalui proses biokimiawi, biolistrik dan konformasi stuktur protein tertentu, menyerupai proses perekaman data musik ke sebuah CD. Sehingga secara tak sadar kita ikut terbawa dalam reaksi yang sama ketika melihat kecoa, sebagaiana reaksi para phobia kecoa yang pernah kita lihat. (red)

Referensi isi : buku gelegar otak karya Tauhid Nur Azhar hal. 45

No comments:

Post a Comment