Sunday 10 August 2014

Ini dia, gurun es sepanjang 13 ribu kilometer


Bilik-Kata – Astronot dari luar angkasa berhasil menangkap area es terbesar dan terluas di kutub selatan. Foto menakjubkan tersebut diambil oleh astronot NASA dengan crew misi ekspedition 38 yang berada di international space station (ISS), lapisan es itu seluas 13 ribu meter persegi menampikan hamparan es luas.

Tidak hanya itu, dalam gambar yang diambil tim NASA, juga terlihat adanya tiga danau glasial yang terletak di bawah lapisan es. Penemuan ini menjadi sumber baru dalam dunia sains, terutama berkaitan dengan keberadaan gurun es yang begitu luas ini. Diperkirakan, ini merupakan gurun es terpanjang di dunia.

Lapisan es ini tumbuh karena adanya badai salju yang pernah terjadi di selatan samudra pasifik, badai itu menyumbang sekitar dua hingga sebelas meter salju setiap tahun. Selain itu, menurut para ahli geologi, gletser yang ada di lapisan es tersebut bisa menyebar hingga tepi samudra pasifik.

Secara geografis, gurun pasir tersebut terletak di pantagonia yang juga merupakan wilayah Argentina dan Chile, panjangnya sekitar 13 ribu kilometer di ujung Amerika selatan. [was]

No comments:

Post a Comment